Meningkatkan Kualitas Produksi, Kelompok Usaha Nelayan mengikuti Penyuluhan Industri Rumah Tangga


Cara produksi olahan pangan yang baik adalah cara produksi yang memperhatikan aspek keamanan pangan yang berupa; mencegah tercemar nya pangan olahan oleh cemaran biologis, kimia dan benda lain, mematikan atau mencegah hidupnya jasad renik patogen, dan mengendalikan proses produksi.

Sedangkan tujuan dari adanya cara produksi olahan pangan yang baik yaitu; menghasilkan olahan yang bermutu, aman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan tuntutan konsumen, mendorong industri olahan pangan agar bertanggung jawab terhadap mutu dan keamanan pangan produk yang dihasilkan, meningkatkan daya saing industri pengolahan pangan, dan meningkatkan produktifitas dan efisiensi industri pengolahan pangan.

Kegiatan penyuluhan industri rumah tangga tentang cara produksi olahan pangan yang baik merupakan salah satu agenda yang masuk dalam tahapan dari program pengembangan usaha nelayan yang didampingi olah Yayasan Syarikat Masyarakat Mandiri (Srikandi) dan diprakarsai olah perusahaan ExxonMobil Cepu Limited, yang berlokasi di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun kegiatan kali ini bukan dilakukan di lokasi dampingan, melainkan ditempat lain yaitu dinas kesehatan Kabupaten Tuban, karena pada kegiatan ini dilakukan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan tentang IRTP (Industri Rumah Tangga Pangan), yang memfasilitasi masyarakat dalam mengelola hasil industri rumah tangga yang telah dibuat. Penyuluhan industri rumah tangga ini langsung dinaungi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dan diikuti oleh seluruh peserta yang mempunyai industri rumah tangga di kawasan Kabupaten Tuban, diantaranya adalah hasil produksi milik kelompok usaha nelayan Desa Karangagung.

Sebelumnya kelompok usaha nelayan Desa Karangagung telah mendaftarkan hasil dari produk yang telah dibuat oleh komunitas di Dinas Kesehatan sebelum dilakukannya penyuluhan tentang industri rumah tangga. tujuannya agar produk tersebut legal secara hukum dan memenuhi standar aman jika beredar nantinya, itulah yang menjadi alasan kegiatan ini masuk ke dalam program pengembangan usaha nelayan.

Adapun produk yang telah didaftarkan kelompok usaha nelayan adalah ada 7 produk, yaitu diantaranya sebagai berikut; produk kerupuk ikan tongkol rasa original dan bawang, kerupuk udang ronggeng, kerupuk lemi rajungan, kerupuk ikan terumpa, kerupuk telur rajungan, kerupuk ikan, dan cumi krispi. Produk semua ini adalah milik anggota dari kelompok usaha nelayan Desa Karangagung.

Pelaksanaan penyuluhan industri rumah tangga dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 Februari 2018 bertempat di Aula Tulip Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. Penyuluhan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB. sampai dengan Pukul 12.30 WIB. Agenda penyuluhan tersebut di fasilitasi oleh bagian SDM Dinas Kesehatan.

Penyuluhan industri rumah tangga yang diikuti kelompok usaha nelayan berisi tentang Pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPOB) untuk IRTP, dan Pentingnya Label Pangan dalam usaha Produksi yang dimiliki oleh kelompok usaha. Pada pelaksanaan kegiatan penyuluhan industri rumah tangga kelompok usaha nelayan diberikan kuota 9 orang untuk mengikuti kegitan, sehingga tidak semua anggota kelompok usaha nelayan ikut, namun hanya perwakilan disetiap kelompok. (A. Fahmi Zakariya)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Ada yang bisa kami bantu